Teks Naratif

  • Posted on September 26, 2012 at 7:41 PM

Narrative (cerita) secara nyata sebenarnya sering kita jumpai, kita dengar, kita lihat (tonton), atau kita baca. Namun kita belum sadar bahwa yang kita jumpai, kita dengar, kita lihat (tonton), atau kita baca itu adalah teks narrative, karena kita belum paham betul atau belum mengetahui apa itu teks narrative. Sekarang teruslah membaca karena ada sedikit penjelasan tentang teks narrative. Semoga setelah membacanya kita menjadi bertambah paham.

Teks naratif adalah teks yang menceritakan sesuatu atau teks yang dibuat atau ditulis dalam bentuk paparan sebuah cerita yang umumnya terjadi pada masa lampau. Teks naratif ada yang bersifat faktual atau kenyataan dan ada juga yang bersifat imajiner atau khayalan.

Teks naratif terdiri dari bebarapa jenis yakni, dongeng, legenda, cerita misteri, cerita horor, dan roman.

Adapun struktur teks naratif yaitu:

  1. Orientation atau pengenalan: pada bagian ini diperkenalkan tokoh-tokoh dalam cerita, latar, dan seting
  2. Complication atau permasalahan: pada bagian ini tokoh utama menghadapi konflik atau masalah.
  3. Resolution atau penyelesaian: pada bagian ini permasalahan yang dihadapi tokoh utama diselesaikan. untuk penyelesaian masalah biasanya sebuah cerita mempunyai dua kecenderungan yakni, mengakhiri cerita dengan kebahagian (happy ending) dan mengakhiri cerita dengan kesedihan (sad ending), tetapi ada juga pengarang cerita yang membiarkan pembaca atau pendengar cerita menebak sendiri akhir dari ceritanya.

Teks naratif mempunyai ciri-ciri khusus, diantaranya:

  • Mengunakan Action Verb dalam bentuk Past Tense. Misalnya: Climbed, Turned, Brought, dsb.
  • Menggunakan Nouns tertentu sebagai kata ganti orang, hewan dan benda tertentu dalam cerita. Misalnya: the king, the queen, dsb.
  • Menggunakan Adjectives yang membentuk noun phrase. Misalnya: long black hair, two red apples, dsb.
  • Menggunakan Time Connectives dan Conjunctions untuk mengurutkan kejadian-kejadian. Misalnya: then, before, after, soon, dsb.
  • Menggunakan Adverbs dan Adverbial Phrase untuk menunjukkan lokasi kejadian atau peristiwa. Misalnya: here, in the mountain, happily ever after, dsb.

Nah, demikianlah sedikit paparan tentang teks narrative dan semoga pembaca bisa menambah pemahamannya. Amin. Untuk contoh teks narrativenya mohon tunggu postingan selanjutnya..

Comments are closed.