Al Qur’an

  • Posted on July 16, 2013 at 6:23 AM

Al-Qur’an merupakan sebuah kata yang tak asing bagi umat manusia di muka bumi ini, dari zaman Baginda Nabi Muhammad masih hidup sampai detik ini. Semua pasti mengetahui apa itu Al-Qur’an, Ya.. Ia adalah nama kitab suci umat islam, umat Nabi Muhammad, Nabi akhir zaman. Lantas pertanyaanya sekarang adalah ‘mengapa hanya umat Nabi Muhammad? bagaimana dengan umat-umat islam terdahulu?’
Memang Al-Qur’an hanya diperuntukkan kepada umat Nabi Muhammad karena umat-umat terdahulu juga memiliki kitab suci masing-masing yang diturunkan kepada para nabi sebelum Nabi Muhammad SAW , yaitu:

1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa AS berbahasa Ibrani
2. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud AS berbahasa Qibti
3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa AS berbahasa Suryani
4. Kitab Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW berbahasa Arab

Alqur’an diturunkan untuk menjadi penyempurna seluruh kitab suci yang pernah ada.

Sebagai umat islam kita wajib mengimani kitab-kitab Allah, sesuai dengan rukun iman yang ke tiga yaitu Iman kepada kitab-kitab Allah. Baiklah, selanjutnya mari kita bahas tentang apa itu Al-Qur’an dan sedikit penjelasan lainnya.

Al-Qur’an adalah kitab suci agama islam yang berisi tentang firman-firman Allah SWT yang di turunkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al-Qur’an terdiri atas 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy. Surah-surah dalam Al-Qur’an terbagi atas surah-surah makkiyah dan madaiyah, tergantung pada tempat dan waktu penurunan surah tersebut (Mekah atau Madinah, sebelum atau sesudah hijrah).

Surat makkiyah ialah istilah  untuk ayat Al Qur’an yang diturunkan di Mekkah atau diturunkan sebelum Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Sedangkan surat Madaniyah ialah istilah untuk ayat Al Qur’an yang di turunkan di Madinah atau setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Sebuah surat bisa terdiri dari ayat-ayat yang diturunkan di Mekkah secara keseluruhan tetapi bisa juga sebagian diturunkan di Madinah.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Al-Qur’an, semoga kita selaku umat islam, umat Baginda Rasulullah Muhammad SAW termasuk ke dalam golongan ahlulkitab, yang cinta kepada kitab suci Al-Qur’an. Semoga lisan kita selalu melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Telinga kita juga selalu senang untuk mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, dan semoga tingkah laku, sikap dan perbuatan kita sejalan dengan ajaran dan hikmah yang tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an.

Rasulullah SAW bersabda:

“Orang yang mahir dalam Al Qur’an bersama duta-duta mulia lagi suci. Dan siapa yang membaca Al Qur’an dengan terbata-bata dan mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim dan Ahmad)

“Orang yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan setara dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim satu huruf akan tetapi alih satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Comments are closed.