Masa Orientasi Siswa, Perlukah?

  • Posted on July 17, 2013 at 11:05 AM

Pada awal tahun ajaran baru, biasanya di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SMP, SMA, dan perguruan tinggi melaksanakan kegiatan yang biasa dikenal dengan Masa Orientasi. Banyak istilah yang dipakai untuk menyebut kegiatan tersebut, diantaranya MOS (Masa Orientasi Siswa), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS), OSPEK(Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus), OPDIK(Orientasi Pengenalan dan Pendidikan Kampus) dll. Kesemua istilah tersebut pada intinya adalah merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukan kegiatan orientasi atau pengenalan.

Apa saja yang dikenalkan dalam masa orientasi ini? secara umum yang diperkenalkan biasanya adalah semua hal yang berhubungan dengan sekolah atau kampus di mana dilakukan kegiatan orientasi tersebut. Seperti:

  1. lingkungan fisik sekolah atau perguruan tinggi
  2. Seluruh komponen sekolah atau perguruan tinggi beserta aturan-aturannya
  3. Norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya
  4. Struktur organisasi sekolah mulai dari kepala sekolah, wakil, guru,tata usaha sampai ke siswa
  5. Kegiatan yang ada di sekolah baik kurikurel maupun ekstra kurikuler,

yang menarik dari kegiatan orientasi ini yaitu para siswa ataupun mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan tersebut mengenakan atribut-atribut yang tidak lazim dikenakan. Misalnya:

  • siswa atau mahasiswa baru diwajibkan memakai topi dari rantang atau karton atau koran atau bola yang telah dibelah untuk laki-laki dan rambut dikuncir banyak untuk perempuan yang tidak berjilbab sedangkan untuk yang berjilbab biasanya warna jilbab disesuaikan dengan warna tali pengikat kuncir. ,
  • kemudian memakai kalung dari permen dengan leontin cokelat
  • ikat pinggang diberi gantungan ketupat atau petai
  • memakai gelang dari rangkaian terong pipit
  • memakai papan nama biasanya ditulis nama asli dan nama binatang
  • memakai kaos kaki bola panjang beda warna,

Tradisi memakai atribut tersebut tidak mutlak harus sama antar satu sekolah atau kampus dengan sekolah atau kampus yang lain, semua itu tergantung kepada panitia orientasi. Biasanya atribut-atribut yang dipakai itu memiliki filosofi-filosofi tersendiri yang nantinya dijelaskan oleh panitia orientasi kepada adik-adik tingkatnya, mengapa mereka diwajibkan memakaiatribut-atribut tersebut.

Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan orientasi diantaranya adalah ini adalah

  1. Untuk memperkenalkan lingkungan fisik sekolah atau perguruan tinggi
  2. Untuk memperkenalkan seluruh komponen sekolah atau perguruan tinggi beserta aturan-aturannya
  3. Untuk memperkenalkan norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya
  4. Untuk memperkenalkan struktur organisasi sekolah mulai dari kepala sekolah, wakil, guru,tata usaha sampai ke siswa
  5. Untuk mengarahkan siswa atau mahasiswa baru dalam mimilih kegiatan ekstra kurikuler sekolah,
  6. Untuk melatih kedisiplinan dan kekuatan mental siswa atau mahasiswa baru
  7. Untuk menanamkan konsep iman, ilmu, dan amal yang tercermin dalam sikap mental, spiritual, budi pekeri, tanggung jawab, toleransi, rasa persaudaraan, kebersamaan dan nilai-nilai positif lainnya pada diri siswa atau mahasiswa baru.

Selanjutnya, manfaat dari kegiatan ini yaitu:

  1. Bagi siswa atau mahasiswa baru: mereka akan lebih mudah mengetahui semua seluk-beluk sekolah atau perguruan tinggi yang mereka masuki, baik dari segi fisik ataupun nonfisik ; mereka akan lebih merasa percaya diri untuk beradaptasi dengan lingkungan baru yang mereka jumpai; mereka akan terbiasa disiplin dan taat aturan, dll
  2. Bagi kakak tingkat mereka kegiatan ini bisa dijadikan ajng untuk melatih keberanian, kepemimpinan, dan rasa percaya diri mereka.

Demikianlah paparan tentang Masa Orientasi bagi siswa atau mahasiswa baru. Menjawab judul diatas, maka penulis berkesimpulan bahwa kegian Orientasi itu PERLU dilaksanakan.

Artinya :“Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal.”

 

 

Comments are closed.