Pesantren (Secepat) Kilat, Efektifkah?

  • Posted on July 27, 2013 at 7:19 AM

Pesantren KilatPada bulan ramadhan, fenomena yang satu ini biasanya muncul Pesantren Kilat.

Apa itu pesantren kilat?

Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri.

Istilah pesantren berasal dari kata pe-santri-an, dimana kata “santri” berarti murid dalam Bahasa Jawa. Pendapat lainnya, pesantren berasal dari kata santri yang dapat diartikan tempat santri. Kata santri berasal dari kata Cantrik (bahasa Sansakerta, atau mungkin Jawa) yang berarti orang yang selalu mengikuti guru, yang kemudian dikembangkan oleh Perguruan Taman Siswa dalam sistem asrama yang disebut Pawiyatan. Istilah santri juga ada dalam dalam bahasa Tamil, yang berarti guru mengaji, sedang C.C.Berg berpendapat bahwa istilah tersebut berasal dari istilah shastri, yang dalam bahasa India berarti orang yang tahu buku-buku suci agama Hindu atau seorang sarjana ahli kitab suci agama Hindu. Terkadang juga dianggap sebagai gabungan kata saint (manusia baik) dengan suku kata tra (suka menolong), sehingga kata pesantren dapat berarti tempat pendidikan manusia baik-baik. (wikipedia.org)

Sedangkan kilat dalam bahasa Arab ashShawa’iq adalah api (cahaya) yang muncul dari langit bersamaan dengan suara petir yang keras. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik. Waw cepat sekali bukan? Kata kilat ini biasanya dipakai untuk menunjukkan kecepatan, contohnya:

  1. Kilat Khusus, pada zaman saya masih SD-SMP-SMA dulu kan masih ngetrend surat-suratan. Biasanya kalau kita ingin surat cepat sampai, petugas pos menyarankan untuk memakai KILAT KHUSUS
  2. TIKI atau titipan kilat, sebuah perusahaan dibidang jasa pengiriman. Kalo mengirim sesuatu melalui jasa TIKI ini, barang atau apalah yang kita kirim itu akan cepat sampai ke tujuan.
  3. Outlet Kilat Indosat, merupakan salah satu bentuk channel pelayanan dan penjualan yang bertujuan untuk lebih mendekatkan Indosat dengan para pelanggan, khususnya yang berada di wilayah sub-urban yang secara jarak dan waktu jauh dari Galeri Indosat.
  4. Cinta Kilat, biasanya untuk menunjukan bahwa cintanya secepat kilat, pas ketemu langsung jatuh cinta… Love at the first sigh.

Itu beberapa prase yang ada kata Kilatnya, Yang bisa nambahin lagi, silahkan….

Nah… sekarang yuk kita  sama-sama telaah apa itu pesantren kilat. Kalau dirunut berdasarkan arti kata dasarnya bisa kita simpulkan bahwa PESANTREN KILAT ialah tempat belajar ilmu agama islam yang penyelenggaraannya dalam waktu yang singkat atau cepat.

Dalam pelaksanaannya, pesantren kilat ini biasanya diadakan di sekolah, umumnya pada bulan ramadhan. Waktunya kurang lebih sekitar satu minggu. Apa sajakah yang dipelajari? Baca Alquran, ketauladanan, cerita-cerita para nabi dan rosul, Ceramah Agama dan berbagai macam lombapun digelar. Mulai dari Lomba Qiro’ah, Lomba Adzan, Lomba Kaligrafi, Lomba Ceramah Agama, LCT, Lomba Busana Muslim, Lomba Lagu Religi, dan lain sebagainya. Yang kesemuanya itu bertujuan untuk menambah khasanah dan pengalaman siswa di bidang keagamaan.

Sekarang pertanyaannya, Efektifkah Pesantren (Secepat) Kilat ini?

Apabila kita bandingkan dengan agenda Ponpes (Pondok Pesantren), sangat jauh berbeda. Bisa kita lihat dari aspek-aspek berikut

  1. Waktunya : Ponpes berlangsung dalam hitungan TAHUN, sedangkan Pesantren Kilat hanya dalam hitungan MINGGU
  2. Materi : Materi pembelajaran di Ponpes lebih banyak, lebih luas dan lebih mendalam (karena waktunya panjang dan gurunya memang ahli terhadap materi), sedangkan materi pembelajaran di Pesantren Kilat lebih sedikit, yang dibahaspun hanya kulit luarnya saja, tidak mendalam (karena waktunya pendek dan gurunya bukan ahli dibidang materi tersebut)
  3. Guru: Ponpes memiliki guru-guru yang memang kompeten di bidang keagamaan, sedangkan di Pesantren Kilat guru yang terlibat adalah guru mata pelajaran yang kebanyakan nonagama.

Ditinjau dari tiga aspek itu saja kita sudah bisa menjawab seberapa efektinya Pesantren Kilat ini jika dibandingkan dengan Pesantren yang sebenarnya. Namun bagi sekolah umum yang bukan berbasis Agama Islam, Kegiatan Pesantren Kilat ini sangatlah positif, karena di dalam kegiatan ini tedapat ilmu-ilmu yang bemanfaat bagi spiritual para siswa dan  guru. Dan diharapkan melalui kegiatan ini para siswa dapat merefresh jiwa mereka yang haus akan ilmu-ilmu agama yang biasanya hanya mereka dapatkan dalam 2 jam pelajaran (2×45 menit) per minggu.

Foto by http://nyunyu.com (thanks)

Comments are closed.